Bentang Alam Struktural

Posted: Maret 26, 2012 in Uncategorized

A. Pengertian

Bentang alam struktural merupakan kenampakan morfologi yang pembentukannya dikontrol sepenuhnya oleh struktur geologi daerah yang bersangkutan. struktur yg dominan merupakan struktur sekunder, atau struktur yg terbentuk setelah batuannya ada. struktur2 ini dapat berupa sesar, lipatan dan kekar.

Kenampakan pada peta topografi yg dpt dgnakan untuk interpretasi daerah tsb adlh mrupakan b.alam struktural antara lain :

1. Pola Penyaluran

pola – pola khusus yang ada pada daerah menunjukan adanya struktur yg bekerja pada daerah tersebut, smisal sungai yg membelok tiba2, atau adanya pola trellis dan sub dendritik.

2. lineament

lineament atau pola kelurusan dlm hal ini dpt ditunjukkan dari penampakan punggungan (ridge), lembah, bukit, yg bisa di interpretasikan adanya struktur geologi yg bekerja.

3. bentuk bukit , lembah

4. perubahan aliran sungai

B. Macam – macam Bentang Alam Struktural

– Struktur Mendatar

dibagi menjadi 2 , yaitu :

dataran rendah ( 0 – 500 kaki)

dataran tinggi (>500 kaki)

Pada daerah yg berstadia tua, dijumpai kenampakan bukit sisa, yang berupa messa dan butte. Yang membedakan kedua morfologi itu adalah messa memiliki ukuran yg lebih luas dari butte.

Butte berasal dari bahasa perancis yang memiliki arti “bukit kecil”. Bukit kecil yang dimaksud  adalah bukit yang terpencil, memiliki sisi yang terjal, butte sangat mencolok akibat dari terpencilnya bukit itu berada, biasanya dia berada dalam udara yang kering, umumnya datar berlapis-lapis karena Butte merupakan hasil dari sedimentasi, butte memiliki jenis batuan yang resisten sehingga bute tahan terhadap erosi, hute memiliki lereng yang curam. Pada badan butte ditemukan hasil dari sayatan-sayatan hasil erosi. Butte memiliki suatu karakter yang sama dengan messa karena memiliki proses pembentukan yang sama, namun memiliki suatu ciri yang membedakan, perbedaan itu antara lain adalah sebagai berikut.

PERBEDAAN

BUTTE

MESA

KETINGGIAN

Tinggi

Rendah

LUAS DATARAN PADA PUNCAK

Sempit

Luas (lebar)

LAIN-LAIN

Buttememiliki bentuk yang lebih ramping karena memiliki luas permukaan puncak yang kecil namun tingginya lebih dari mesa

 

Butte terbentuk akibat erosi dan pelapukan, dimana pada mulanya terangkatnya permukaan oleh proses tektonik. Munculnya permukaan yang memiliki berbagai jenis batuan tersebut, membuat terjadinya suatu roses diferensiasi batuan, adanya batuan yang tidak resisten, sehingga batuan yang tidak resisten itu tererosi oleh angin maupun terlapukan. Sehingga pada akhirnya batuan yang tidak resisten tersebut hilang dan sampai pada batuan yang resisten, dimana batuan yang resisten membentuk suatu bukit kecil yang menjulang tinggi dengan luas yang kecil.
 
– Struktur Miring
cuesta : memiliki scarp slope yang lebih curam sedangkan dip slopenya relatif landai pada arah sebaliknya sehingga terlihat tidak simetri. sudut lerengnya kurang dari 30 derajat
hogback : sudut antara kedua sisi relatif sama, kira2 lebih dar 30 derajat , scarp slope dan dip slope hampir sama sehingga terlihat simetri.
– Struktur lipatan
struktur antiklin dan sinklin
antiklin dan sinklin menunjam
 
-struktur patahan
morfologi dapat berupa triangular facet

Triangular facet merupakan salahsatu penampakan oleh proses bentang alam struktural. Dimana dicirikan adanya aliran-aliran air pada suatu bidang miring, dimana aliran tersebut membentuk segitiga.

 Proses dimana terjadinya suatu struktur aliran seperti itu diakibatkan oleh awal mula terkbentuknya suatu bidang miringa dimana pada permukaan bidang miring tersebut adanya garis gerus akibat proses sesar. Gerus hasil sesar itu merupakan saluran bagi air untuk mengalir. Akibat adanya aliran air terjadinya pengikisan dan terbentuknya suatu aliran yang akhirnya membentuk kenampakan segitiga.

  Dalam morfologi ini terbentuknya pola penyaluran distribusi, sehingga dari pusat menyebar sehingga akibat aliran air yang membetuk seperti gambaran garis membentuk segitiga.

sekian dlu blog ini, jika ada masukan saran akan sangat membantu saya 🙂

GEOLOGI SAMPAI MATI!!!

 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s